Kamis, 05 Januari 2012

RAGAM DIALOG dalam Interaksi Manusia & Komputer (IMK)

Adalah Kemampuan kita untuk memahami berbagai sistem interaksi yang di gunakan dewasa ini.

A. Tiga tingkatan bahasa komputer yang perlu kita perhatikan sebelum kita dapat merancang suatu dialog dengan komputer :
- Leksikal
- Sintaks
- Semantik

B. Karakteristik Ragam Dialog
- Inisiatif
- Keluesan
- Kompleksitas
- Beban Informasi
- Kekuatan
- Konsistensi
- Umpan balik
- Observabilitas
- Kontrobilitas
- Efisiensi
- Keseimbangan 

C. Kecakapan Manusia dan Kecakapan Komputer
      Manusia :
- Etimasi
- Intuisi
- Kreatifitas
- Adaptasi
- Kesadaran Serempak
- Pengolahan Pengecualian
- Memori asosiatif
- Pengambilan keputusan nondeterministik
- Pengendalian pola
- Pengetahuan dunia
- Kesalahan manusiawi
Komputer :
- Kalkulasi darurat
- Dedukasi logika
- Aktifitas perdagangan
- Konsistensi
- Multitasting
- Pengolahan rutin
- Penyimpangan dan Pemanggilan
- Pengambilan keputusan deterministik
- Pengolahan data
- Pengetahuan domain
- Bebas dari kesalahan

D. Ragam Dialog Interaktif
Dialog berbasis perintah tunggal
Keuntungan :
- Cepat        - Efisien
- Akurat       - Ringkas
- Luwes       - Inisiatif oleh Pengguna
- Appealing / mudah di ingat
Kerugian :
- Memerlukan Pelatihan yang lama
- Membutuhkan Pengggunaan yang teratur
- Beban ingatan yang tinggi
- Jelek dalam menangani kesalahan
Dialog berbasis bahasa pemrograman
Antarmuka berbasis bahasa alami
Keuntungan :
Tidak memerlukan sintaksis khusus
Luwes dan Powerful
Alamiah
Merupakan inisiatif campuran
Kerugian :
Mempunyai dualisme
Tidak Presis
Bertele-tele
Perancangan Perangkat Lunak yang rumit
Tidak efisien

1) Sistem Menu
Keuntungan :
   - Memerlukan sedikit pengetikan
   - Beban memori rendah
   - Struktur terdefinisi dengan baik
   - Perancangan yang mudah
   - Tersedia piranti bantu CAD
Kerugian :
   - Seringkali lambat
   - Memakan ruang layar
   - Tidak cocok untuk aktifitas Pemasukan data
   - Tidak cocok untuk dialog terinisasi pengguna
   - Tidak cocok untuk dialog terinisasi campuran

2) Dialog Berbasis Pengisisan Barang
Keuntungan :
   - Pengguna sudah terbiasa dengan pengisian barang
   - Isian data di sederhanakan
   - Beban memori rendah 
   - Struktur Jelas
   - Perancangan yang mudah
Kerugian :
   - Seringkali lambat                                Memakan ruang layar
   - Tidak cocok untuk pemilihan perintah   Memerlukan pengontrolan kursor
   - Memerlukan suatu bentuk pelatihan

3) Antarmuka berbasis ikon

4) Sistem Penjendelaan

5) Manipulasi Langsung
Kelebihan :
   - Kompabilitas pada kendali dan tampilkan
   - Lebih sedikit sintaks
   - Cepat di pelajari dan lebih mudah untuk di ingat
Kekurangan :
   - Menggunakan lebih banyak sumber daya sistem
   - Beberapa aksi yang di gunakan menjadi dangat sulit
   - Sulit di catat dan di telusuri

6) Manipulasi Langsung Remote

7) Antarmuka berbasis Interaksi Grafis 

0 Comment :

Posting Komentar