Minggu, 06 Mei 2012

Membuat form login pada delphi 7.0




1. Buka aplikasi Delphi yang anda gunakan dan buat lembar kerja baru dengan mengklik pada menu file > New > Form
2. Setelah muncul lebar kerja baru, letakkan dua buah label pada tab “standard” ke dalam form baru anda. Dan kemudian ubah nama label tersebut sesuai dengan keinginan anda.untuk mengubah nama label tersebut, klik tab “properties” > caption rubah nama label tersebut.




3. Setelah itu letakkan dua buah form Edit masih pada tab “standard” dimana anda mengambil label tadi,kemudian rubah nama dan caption label sesuai dengan keinginan anda. Misalnya untuk Edit1 “Enama” dan untuk Edit2 “Epassword”.
4. Kemudian masih pada tab yang sama,yaitu pada tab standard tadi, letakkan 2 buah button di bawah Form Edit tadi dengan merubah name dan captionnya..misalnya untuk button1 “Bsubmit” caption “Submit” dan untuk Button2 “Bbatal” caption “Batal”
Berikut contoh peletakan formnya 



5. tombol LOGIN dan paste code berikut :

if (Enama.Text <> 'gilang') or (EPassword.Text <> 'gilang') then
begin
MessageDlg('id atau password anda salah! ', MTWarning, [MBOK], 0);
Exit;
end;
FormStok.Show
end;

6. sekarang coba anda jalankan form yang sudah anda buat tadi..berhasil kan? 


note : untuk baris yang berwarna merah diatas, silahkan anda rubah sesuai degan nama form,user dan password yang anda inginkan.
FormStok.show berfungsi jika password dan username yang anda inputkan benar,maka tampil Form stok. Silahkan anda rubah sesuai dengan nama Form anda.





sumber : http://sauri-sofyan.blogspot.com

0 Comment :

Posting Komentar